Daftar Mirror Server Linux di Indonesia

assalamualaikum kawan kawanku sekalian

selamat datang di blog ini, blog yang dibuat hasil gabut :v

kali ini saya akan membahas tentang daftar server mirror linux yang ada di Indonesia. Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan apa itu server mirror.
Tux (mascot) - Wikipedia
Tux Linux


Berdasarkan keterangan dari https://ajengpursitasari.blogspot.com/2016/05/what-is-mirror-server.html Mirror Server merupakan salinan tepat dari suatu data set atau tiruan persis dari server lain, yang menyediakan berbagai sumber informasi yang sama dan nilai tertentu sebagai cara untuk menyediakan akses yang dapat dipercaya.

Didalam Mirror server terdapat berbagai repository atau kumpulan paket aplikasi dalam hal ini linux yang dapat memudahkan serta mempercepat proses unduh karena tidak perlu mengakses server utama.

Berikut merupakan daftar link Mirror server Linux yang ada di Indonesia

News | Juragan Kambing
Wedus Kambing UI

KAMBING.ui.ac.id merupakan persembahan dari Universitas Indonesia bagi komunitas penggguna Perangkat Lunak Bebas/Kode Sumber Terbuka (Free/Open Source Software) di Indonesia. Selain menyediakan mirror repository, kambing UI juga menyediakan mirror ISO yang dapat memudahkan untuk mengunduh file ISO linux.

Kartolo by Data Utama NET

Kartolo merupakan sebuah mirror yang dibuat oleh PT. Data Utama Dinamika yang menyediakan banyak repository linux termasuk ubuntu.

    3. kebo.pens.ac.id/ 
Kebo Pens Mirror


kebo.pens.ac.id merupakan sebuah mirror repository persembahan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang dibuat pada tahun 2009.

Labkom.id merupakan sebuah website yang berisi tutorial menggunakan linux, terutama rapsberry.

UPLUS CETAK: Logo Poliwangi
Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi)

Mirror server yang dibuat oleh politeknik negeri banyuwangi ini menyediakan berbagi macam mirror server distro linux, diantaranya ubuntu, blankon, centos, dan lain sebagainya.

Logo, Merek, Telkom University gambar png
Telkom University

Telkom University sebagai salah satu universitas besar pun menyediakan mirror server untuk penggiat open source di Indonesia. Yang disediakan oleh Telkom University banyak, mulai dari repository, file ISO, Software, dan lain lain.


Logo Universitas pattimura (UNPATTI) dan Universitas Samratulangi ...
Universitas Pattimura

Mirror Universitas Pattimura adalah layanan mirror dari FOSS (Free Open Source Software) yang ada di internet. Tujuan utama penyediaan layanan ini untuk melayani server-server yang ada pada data center Universitas Pattimura. Sebagai wujud dukungan Universitas Pattimura atas FOSS, maka layanan ini kemudian disediakan terbuka untuk civitas Universitas Pattimura secara khusus dan masyarakat secara umum. Koleksi paket mirror akan terus ditambahkan seiring dengan perjalanan waktu. Semoga Layanan Mirror ini dapat memenuhi pengguna FOSS dari kalangan civitas Universitas Pattimura maupun masyarakat umum. (sumber. web repo.unpatti.ac.id)


suro.ubaya.ac.id 

Di mirror server ini, hanya beberapa repo linux yang disediakan diantaranya. Arch Linux, Debian, Ubuntu. Tapi, di suro.ubaya.ac.id menyediakan NTP server sendiri 


Demikian beberapa Mirror server yang aktif di Indonesia. Kamu dapat memilih dan menghubungkan Linux kamu ke salah satu dari mirror diatas. 

Untuk cara menghubungkannya akan saya bahas di postingan selanjutnya

wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.